Search

Sabtu, 26 Januari 2013

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Di Tahun 2013

Blogger pada umumnya berorientasi untuk mendapatkan uang dari blog yang dimilikinya. Para blogger juga ada yang tida serius untuk mendapatkan uang dari blognya, namun mereka pasti juga akan berfikir bagaimana caranya untuk mendapatkan uang dari blog yang mereka miliki.



Bagaimanapun juga cara dari para blogger untuk mendapatkan uang dari blognya bisa berbeda-beda. Tergantung mana yang menurut mereka lebih menguntungkan. Dan pada umumnya para blogger mengunjungi para blogger yang sudah berpenghasilan dan belajar bagaimana mereka bisa menghasilkan uang dari blog yang mereka miliki.

Mendapatkan uang dari blog bukanlah pekerjaan yang mudah, namun bagi mereka yang sudah pernah untuk merasakan mendapatkan uang dari blog mereka, maka dia pasti akan tahu bahwa mempunyai sebuah blog dan menghasilkan uang darinya merupakan suatu peluang yang besar dan bisa juga menjadi sebuah sumber penghasilan pasif bagi kehidupan para blogger.

Dan pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai topik mendapatkan uang dari blog pada tahun 2013. Kamu bisa juga menjadikan beberapa hal ini sebagai referensi untuk ikut mencari keuntungan dari blog yang sudah kamu miliki tentunya.

Skenario Mendapatkan Penghasilan Dari Blog Di Tahun 2013

Mendapatkan uang dari blog merupakan hal yang semakin hari akan semakin sulit untuk dicapai, begitu juga di tahun 2013. Dengan bertambahnya pengguna internet dan juga semakin banyak bermunculannya ide-ide kreatif yang bisa dengan mudah kamu temukan.

Blogging mempunyai suatu tantangan tersendiri dalam dunia bisnis, seperti dunia bisnis lainnya dan juga pekerjaan-pekerjaan lainnya. Bagi mereka yang tidak paham akan hal itu, mereka akan terjebak dalam suatu rasa dilema dan akhirnya mereka memutuskan untuk meninggalkan kegiatan blogging mereka. Kedengarannya sangat tidak enak untuk didengarkan. Baca juga : 3 Hal yang membuat blogger frustasi dan bagaimana cara mengatasinya.

Pada artikel tersebut kamu akan mendapatkan alasan-alasan yang klasik sehingga membuat para blogger menyerah untuk tetap eksis dalam dunia blogospeare. Dan kalau kamu ingin tahu lebih banyak lagi silahkan baca : 1000 Alasan Blogger Pemula Meninggalkan Blog Mereka.

Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Blog Kamu

Sebelum kita melangkah lebih lanjut untuk membicarakan bagaimana cara untuk membuat blog, sebaiknya kita ketahui dulu, "Apa sih yang mepengaruhi pendapatan dari blog kamu?"

1. Pengunjung Di Blog - Salah satu hal yang akan sangat mempengaruhi dari pendapatan dari sebuah blog adalah pengunjung blog tersebut. Dan itulah sebenarnya mengapa SEO itu sangat penting sekali. Mesin pencari seperti Google memberikan banyak peluang bagi pemilik blog untuk membawa pengunjung menuju ke blog mereka. Bagaimana caranya? Ya, dengan beberapa langkah SEO yang bisa diterapkan pada blog kamu. Semakin bagus kemampuan kamu untuk mengoptimisasi blogmu, maka semakin banyak pula pengunjung yang akan datang di blog kamu.

Rekomendasi :
# 3 Tips Dasar SEO Bagi Blogger Pemula

2. Kualitas Pengunjung Blog - Setelah banyaknya pengunjung yang ada di blog yang kamu miliki, sekarang pertanyaan yang muncul adalah apakah pengunjung yang datang ke blog kamu bisa memberikan sesuatu yang lebih apa tidak untuk blogmu. Nah, inilah yang aku maksud dengan kualitas pengunjung.

Kalau masih belum mengerti, pengunjung yang berkualitas merupakan mereka yang datang dan mengunjungi blog kamu yang sesuai dengan sasaran yang telah kamu perkirakan sebelumnya. Untuk apa harus sesuai dengan sasaran yang telah ditentukan? Agar kamu bisa menggiring mereka untuk membeli atau menggunakan jasa yang kamu berikan melalui blog yang kamu miliki.

3. Reputasi Blog - Mungkin kamu akan bertanya kenapa reputasi ini juga mempengaruhi pendapatan dari blog yang kita miliki. Iya memang, dengan reputasi blog yang bagus, maka akan menarik bagi para pengiklan langsung (Dirrect Advertiser) yang ingin memasang iklan di blog kita.

4. Rangking Alexa - Disadari atau tidak, rangking alexa juga bisa mempengaruhi pendapatan dari blog yang kita miliki. Karena ada beberapa program yang mensyaratkan rangking alexa untuk bergabung dengan program yang mereka miliki. Maka dari itu janganlah anggap remeh rangking alexa blog kamu. Kamu harus melakukan beberapa cara untuk menaikkan rangking alexa blog yang kamu miliki.

5. Interaksi - Adanya komentar, kemudian kamu juga berinteraksi dengan penggemar blog yang kamu miliki di jejaring sosial juga akan membuat pihak-pihak yang ingin menayangkan iklan di blog yang kamu miliki menjadi lebih tertarik. Dan itu artinya kamu bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Cara Untuk Mendapatkan Uang Dari Blog

Setiap blogger pasti mempunyai cara tersendiri untuk mendapatkan uang dari blog yang mereka punya. Tak jarang juga mereka banyak yang mengkombinasikan beberapa cara untuk memaksimalkan pendapatan dari blog mereka.
Di bawah ini merupakan beberapa cara yang biasa digunakan para blogger nasional maupun internasional untuk mendapatkan uang dari blog yang mereka miliki.

1. Program Affiliasi

Jika kita artikan affiliasi marketing adalah suatu program yang menawarkan pemilik website atau blog untuk bekerja sama untuk menjual suatu barang atau jasa tertentu. Jadi blogger akan mendapatkan bayaran apabila ada suatu produk atau jasa dari affiliasi yang berhasil mereka jual.

Program affiliasi yang banyak digunakan para blogger untuk menghasilkan uang dari blognya adalah amazon.com .

Dan masih banyak lagi program affiliasi yang bisa kamu gunakan seperti halnya dari layanan hosting yang kamu gunakan (Jika menggunakan wordpress.org), pembookingan hotel, atau masih banyak yang lainnya.

2. Program Periklanan Kontekstual (Contekstual Ads)

Salah satu program yang banyak digunakan oleh para blogger Indonesia dalam meraup rejeki online adalah program kontekstual ads. Dan sebagai seorang blogger atau web developer kamu akan di bayar jika ada pengunjung blogmu yang mengklik iklan yang muncul di blog kamu.

Ada dua layanan yang banyak digunakan dan masih menjadi favorit bagi blogger Indonesia. Yang pertama adalah Google Adsense, dan yang kedua adalah chitika.

Untuk jenis layanan ini, iklan yang muncul di blog yang bekerja sama dengan layanan ini akan menyesuaikan dengan konten dari blog tersebut (namanya juga kontekstual). Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk tayangnya iklan yang muncul, karena kamu juga bisa memblokir iklan yang tidak kamu inginkan untuk muncul di blogmu.

Rekomendasi :
# Cara Agar Mudah Diterima Google Adsense
# Penyebab Sukses Dan Gagalnya Google Adsense

3. Menjual Space Iklan

Jika kamu sudah mempunyai blog dengan reputasi yang baik dan juga pengunjung yang cukup, kamu bisa menjual space iklan di blog yang kamu miliki kepada para pengiklan yang bersedia untuk membayar space iklan di blog kamu. Ini akan lebih menguntungkan karena kamu akan mendapatkan hasil yang pasti dan bisa kamu ukur hasilnya.

Namun jika blog kamu adalah blog berbaha inggris maka kamu juga bisa menjual space iklan di blog yang kamu miliki melalui broker iklan seperti BuySellAds atau situs yang semacamnya.

4. Disponsori Untuk Menulis Artikel

Ini juga merupakan suatu cara yang memungkinkan untuk mendapatkan uang dari kegiatan blogging. Biasanya ada pihak yang mensponsori kamu untuk menulis review mengenai suatu produk dan kamu akan mendapatkan bayaran dari sana.

Ada banyak situs yang bisa mempertemukan kamu dengan pihak yang ingin produk atau websitenya direview. Salahsatunya adalah ReviewMe. Kamu bisa bergabung disana untuk mendaftar sebagai seorang reviewer.

5. Blog Dengan Suatu Sponsor

Blog ini dibuat untuk membahas suatu topik tertentu yang sesuai dengan permintaan dari pihak yang mensponsorinya. Namun kelemahannya disini kamu tidak bisa menuliskan hal sesuai dengan keinginanmu sendiri.

6. In Text Link Ads

Jika kamu bergabung dengan program seperti ini, kamu akan mendapatkan penghasilan jika ada pengunjung blog yang melihat iklan pada link yang ada di dalam postingan blog kamu. Dan link ini akan secara otomatis muncul di blog kamu jika kamu bekerja sama dengan pihak yang menyediakan program In Text Link Ads. Program In Text Link Ads yang terkenal dan banyak digunakan oleh blogger adalah infolinks.com.

7. Iklan Dalam Video

Apakah kamu pernah melihat iklan yang muncul tatkala memutar video di youtube? Nah itu dia, salah satu cara kreatif para blogger untuk mendapatkan penghasilan online. Yaitu dengan cara mengintegrasikan Google Adsense dengan video yang mereka upload di youtube.

8. Dengan Menggunakan Plugin Related Post Dan Future Post

Seorang blogger juga mempunyai kesempatan untuk mendapatkan uang dari plug in related posts dan future post yang ada di blog mereka. Blogger bisa menggunakan layanan seperti nRelate untuk menampilkan artikel terkait dari blog mereka atau dari blog orang lain. Dan jika pengunjung blog kamu mengklik related post dari blog lainnya, maka kamu akan mendapatkan upah darinya.

9. Menggunakan Google Adsense Custom Search

Selain menawarkan layanan untuk menampilkan iklan berdasarkan konten, google adsense juga menawarkan layanan untuk menambah penghasilan dengan menggunakan custom search. Kamu akan mendapat bayaran jika ada orang mencari sesuatu dengan memasukkan kata kunci tertentu. Dan google akan manampilkan iklan yang terkait dengan apa yang pengunjung blogmu cari. Saat iklan tersebut di klik maka kamu akan mendapatkan komisi.

10. Menerima Sumbangan Dan Hadiah

Hadiah atau sumbangan merupakan pendapatan yang bisa kamu dapatkan juga. Hadiah atau sumbangan ini biasanya akan diberikan oleh pembaca blog kamu yang setia.

11. Menjual Ebook

Seorang blogger pastilah seorang penulis juga, maka dari itu kamu bisa membuat sebuah ebook kemudian kamu bisa jual ke pambaca blog kamu. Siapa tahu salah satu dari mereka berminat untuk membelinya.

12. Jual Beli Blog

Yang satu ini sangat jarang di lakukan di negeri kita. Namun apa salahnya jika kita menjual blog yang sudah kita miliki? Apalagi jika blog tersebut mempunyai reputasi yang baik. Maka dari itu, ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Tips Untuk Mendapatkan Uang Dari Blog Kamu

1. Mendapatkan uang dari blog merupakan langkah terakhir yang bisa kamu lakukan ketika sudah membangun reputasi blog yang kamu miliki kemudian mengembangkan pembaca blog anda.

2. Traffic dari mesin pencari (Organic visitor) adalah hal yang sangat penting jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Maka dari itu, melakukan SEO adalah hal yang sangat penting.

3. Sudah banyak cara yang bisa digunakan untuk mendapatakan uang dari blog yang kamu miliki. Namun yang perlu kamu ingat, menambahkan kode-kode HTML / Javascript akan membuat blog kamu semakin berat. Maka dari itu, kamu harus bijak untuk memilih cara untuk monetize blog yang kamu miliki.

4. Penempatan iklan merupakan hal yang harus kamu perhatikan jika kamu menggunakan program PPC. Selalu bereksperimen untuk mendapatkan lokasi iklan yang tepat adalah kewajiban bagi anda.

Sumber : http://www.cofeemix.com/2013/01/cara-mendapatkan-uang-dari-blog-2013.html






0 komentar:

Posting Komentar