Search

Senin, 10 Desember 2012

Manajemen Unik Ala Rumah Makan Padang



Halo Teman-teman Pengusaha dan calon pengusaha :) ,Saya mau share sedikit strategi management usaha ala rumah makan padang,sory kalau udah artikel dengan judul serupa ,

Tau kah Anda rumah Makan Padang (Yang jualan nasi Padang Orang Padang ya) Sebagian besar walaupun tidak semuanya Banyak memakai sistem bagi hasil antara Owner dengan Karyawannya.

Sistem bagi hasil tersebut biasanya di hitung setiap 100 hari,Misalnya anda Owner sebuah usaha mempunyai 3 orang karyawan dalam 100 Hari Pemasukan Bersih (Penghasilan kotor-Biaya Operasional) Rp.10.000.000,Maka hasil bersih itu di bagi 40% Untuk Owner dan 60% di bagi rata Untuk 3Karyawan anda…,persentase tergantung anda dengan pekerja..biasanya di rumah makan Padang Pekerjanya juga di kasih gaji mingguan..,

Sistem tersebut sangat ampuh,dengan memakai sistem tersebut para pegawai akan berusaha semaksimalnya dan sekreatifnya untuk melayani konsumen dan selalu berinovasi agar pemasukan meningkat,Karna di benak mereka “semakin rajin semakin besar yang mereka dapatkan”
Coba anda perhatikan di rumah makan Padang Para pramusajinya kelihatan bersemangat dan sigap melayani pembeli,,,

Bahkan Kabarnya RM Padang yang sudah besar dan mungkin tidak asing lagi bagi anda seperti Sari Bundo & Sederhana konon kabarnya masih memakai sistem ini.

Sistem ini tentu bisa di adaptasi Untuk usaha-usaha anda,coba bandingkan dengan usaha yg menggaji fix pekerjanya,kebanyakan pekerjanya malas-malasan dan tidak terlalu peduli mau maju atau nggak perusahaan karna bagi mereka mau maju atau nggak tidak terlalu di ambil pusing karna gaji mereka akan tetap segitu saja,kalaupun naik paling nggak seberapa,akhirnya kurang faktor pendorong pekerja untuk lebih kreatif

Dari segi kejujuran sistem manajemen Rumah makan ini sangat membantu karna para pekerja tidak akan nilep(nggak menutup kemungkinan tapi sedikit) karna kalau mereka nilep maka pemasukan berkurang dan saat pembagian hasil mereka mendapatkan hasil yang sedikit

Sistem ini sangat bagus di adaptasi bagi anda yang baru membuka usaha tapi tidak menutup juga bagi anda yg udah lama membuka usaha

Buat anda yang mempunyai usaha warnet bagus juga kyknya aplikasikan sistem kyk gini untuk operatornya,biar operatornya semangat dan lebih mikir2 lagi buat nilep

Kunci yang sangat penting dari sistem ini adalah Kejujuran dan transparansi antara owner dan pekerja

Berikut Pengalaman Saya,Kebetulan Saya Pernah membuka usaha dan berpindah-pindah dan kebetulan tetanggaan dengan RM.Padang,Yang satu memakai sistem Bagi Hasil yang satunya lagi Gaji Tetap Pegawainya.Berikut yang dapat saya Lihat :

RM.Pakai Sistem Bagi Hasil :

1.Karyawan dari dapur sampai pramusajai sangat bersemangat
2.Pramusaji Kreatif dan selalu mencoba agar pelanggan senang dan kembali berbelanja
3.Berusaha menjaga kualitas,kebersihan dan rasa.
4.Kasir tidak selalu di jaga oleh owner,di saat si owner tidak ada maka semua karyawan bisa menerima pembayaran (kejujuran)
5.Sehabis Baretong (berhitung bagi hasil biasanya 100 hari sekali) mereka dapat liburan setelah liburan tampak fresh dan semangat.
6.Kompak di saat pramusaji kewalahan melayani pelanggan sang juru masakpun tanpa segan-segan ikut membantu

Berikut yang saya perhatikan dari RM.yang menggaji Fix Karyawannya :

1.Tampak kurang bersemangat karna bagi mereka omset naik atau turun sama saja,toh yang di terima segitu saja.
2.Hanya sekedar melayani konsumen dan tidak terlalu berinteraksi.
3.Meja Kasir di tunggui non stop oleh ownernya se akan-akan tidak di percaya.

Yang di atas sebagian contoh-contohnya.

Jadi tidak ada salahnya kita menerapkan sistem seperti ini di usaha yang kita jalankan.

Sekian dulu gan sharing singkat ini,mudah-mudahan bermanfaat

Sumber :ForumUKM.com